Kamis, 10 Januari 2013

5 Makanan Khas Semarang

1. Lunpia Mbak Lien, Semarang

Lunpia Mbak Lien alias Siem Siok Lien, bisa dijumpai di Jalan Pemuda dan Jalan Pandanaran. Kekhasan lumpia Mbak Lien ini adalah isinya yang ditambahi racikan daging ayam kampung. Ketika awal mula meneruskan usaha almarhum ayahnya, Mbak Lien membuat tiga macam lumpia, yaitu lumpia isi udang, lumpia isi ayam (untuk yang alergi udang), dan lumpia spesial berisi campuran udang serta ayam.
Harga lumpia bervariasi, ada yang harga Rp 8.000/biji,, Rp 5.500/biji. Sedangkan para pedagang re-seller menjual dengan harga Rp 2.500/biji.

2. Bandeng Presto Bonafid, Semarang
Bandeng presto adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini dibuat dari ikan bandeng (Chanos chanos) yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Ikan bandeng ini kemudian dimasak pada alas daun pisang dengan cara presto.
Salah satu outletnya adalah BANDENG PRESTO 34BONAFIDE34 asli Semarang yang berada di jalan Pandanaran. Harga mulai Rp.85.000,-. Selain itu makan khas lainnya sebagai juga bisa Anda dapatkan disini.

3. Wingko Babat Cap Kereta Api, Semarang
Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa dan bahan-bahan lainnya. Wingko sangatlah terkenal di pantai utara pulau Jawa. Kue ini sering dijual di stasiun kereta api, stasiun bus atau juga di toko-toko kue. Di pulau Jawa, Wingko juga sering menjadi oleh-oleh untuk keluarga, yang menjadikan kue ini terkenal.
Wingko yang paling terkenal dibuat di Semarang. Ini menyebabkan banyak orang yang mengira bahwa wingko juga berasal dari kota ini. Meskipun demikian, wingko babat sebenarnya berasal dari Babat.

4. Soto Bangkong, Semarang
Soto Bangkong ini adalah sebuat merk soto khas Kota Semarang. Dulu awalnya sih soto ini dijual dengan angkringan di perempatan Bangkong - Semarang. Sekarang sih udah jadi resto terkenal dan buka cabang dimana-mana. Perintisnya adalah Soleh Sukarno adalah pemilik jaringan restoran Soto Bangkong Semarang. Ia memulai perjalanan bisnisnya sebagai penjual soto keliling di penghujung tahun 1950.
Soto ayam dan ayam goreng bangkong juga buka di Semarang atas, yaitu di Jl Dr Setiabudi 229 Semarang.

Sumber :  http://www.hotel.semarangtourism.info/makanan-khas-semarang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar